HP Fingerprint di Samping 1 Jutaan Murah 2023, Ini Spesifikasinya!

lotteria.id – Kumpulan HP fingerprint di samping bodi masih sering diincar banyak orang. Diketahui, fitur fingerprint menjadi salah satu fitur yang kini banyak disematkan pada ponsel kekinian. Tujuannya sebagai salah satu fitur keamanan, agar data yang ada di dalam smartphone tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Seiring berkembangnya waktu, sensor keamanan seperti fingerprint ini terus mengalami perkembangan. Salah satunya perihal tempat peletakannya. Dulu, fingerprint banyak ditemukan di bagian belakang ponsel. Namun kini sudah bergeser ke lokasi lain, termasuk sisi samping bodi.

Biasanya jika diletakkan di sisi samping, sensor tersebut akan menyatu dengan tombol power untuk memberikan efisiensi. Nah berikut ini kumpulan HP fingerprint di samping dengan harga yang murah.

Deretan HP Fingerprint di Samping

Tersedia beragam contoh HP fingerprint di samping yang datang dari berbagai merek ponsel. Sebab kini fingerprint sudah sering ditemukan dalam sebuah perangkat smartphone. Bahkan perangkat ponsel yang harganya terjangkau juga banyak yang memiliki fitur yang satu ini. Berikut kumpulan ponselnya.

Redmi Note 10

Salah satu pilihan dari HP fingerprint di samping adalah Redmi Note 10. Ponsel ini memiliki dimensi ketebalan 8,3 mm dengan bobot seberat 178,8 gram.

Dengan ukurannya itu, smartphone tersebut masih sangat nyaman untuk dipakai seharian bahkan dibawa bepergian. Ukuran bodinya itu bahkan masih begitu pas di saku, sehingga tidak akan membuatmu merasa repot dalam menggunakannya.

Beralih pada sisi layar, Redmi Note 10 menggunakan panel dari Amoled yang memiliki luas 6,43 inci. Gambarnya juga sudah mendukung resolusi hingga FHD+ yang berpadu dengan kerapatan piksel hingga 409 ppi. Alhasil, warnanya bisa tampil lebih akurat.

Di samping itu, perangkat Xiaomi ini juga datang dengan level kecerahan mencapai 1100 nits. Ini akan membuatmu nyaman dalam menggunakan salah satu HP fingerprint di samping yang satu itu. Apalagi jika dipakai di luar ruangan.

Selain itu, terdapat pula penawaran berupa sertifikasi SGS low blue light yang bisa membantumu dalam mengurangi sinar biru yang bisa merusak mata dan membuat mata menjadi lebih mudah lelah jika digunakan dalam waktu yang lama.

Masuk ke bagian setelan kameranya, HP Redmi Note 10 ini membawa empat unit lensa pada sisi belakang ponsel. Di antaranya, lensa utama dengan kekuatan 48 MP juga ada lensa ultrawide dengan kekuatan 8 MP.

Tidak hanya itu, ada juga lensa makro dan sensor depth yang kompak menggunakan lensa berukuran 2 MP. Sementara di bagian depannya, ada lensa 13 MP untuk mengambil foto selfie. Hasil jepretan kamera ini cukup diacungi jempol.

Berlanjut pada sisi mesinnya, HP fingerprint seperti Redmi Note 10 ini juga mendapatkan dukungan dari chipset Snapdragon 678. Dengan begitu, perangkat cocok untuk aktivitas gaming hingga multitasking. Bahkan, smartphone ini juga bisa dipakai dalam menjalankan permainan yang berat.

Selain chipset tersebut, perangkat ini pun telah dibekali dengan GPU Adreno 612 dalam menghasilkan performa lebih gesit khususnya dalam menunjang bagian grafis. Penyimpanannya juga cukup besar, dengan RAM berkapasitas 4 GB serta 6 GB. RAM tersebut dipadukan dengan memori internal dengan kapasitas 64 GB atau 128 GB yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk baterainya, HP fingerprint di samping ini membawa kapasitas daya 5000 mAh. Ukuran ini pun cukup tangguh. Di dalamnya juga sudah didukung dengan adanya teknologi fast charging 33W yang bisa mengisi penuh daya selam 1 jam saja.

Sebagai tambahan, ponsel Redmi seri Note ini memiliki rating IP53 yang tahan terhadap percikan air. Alhasil, pemakaian smartphone bisa lebih nyaman apalagi jika dekat dengan area air.

Tabel Spesifikasi

Layar Amoled DotDisplay 6,43 inci resolusi FHD+
kecerahan layar 1100 nits
refresh rate 60Hz, Gorilla Glass 5, IP53
Dimensi 160,46 x 74,5 x 8,29 mm
Bobot 178,8 gram
Chipset Snapdragon 678G
CPU Kryo 460
GPU Andreno 612
SIM Dual SIM (Nano SIM dual stand by)
Memori RAM 4 GB
Memori internal 64 GB
NFC Tidak Tersedia
Kamera belakang 48mP (utama, PDAF), 8MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (depth)
Kamera depan 13MP
Baterai 5000mAh, Fast charging 33W
Warna Lake green, onyx gray, pebble white
Harga Rp 2,5 jutaan

Oppo A54

Selanjutnya dari HP fingerprint di samping adalah Oppo A54. Seri ini memiliki bodi yang tebalnya 8,4 mm dengan bobot seberat 192 gram. Ukuran ini membuat perangkat ponse menjadi ramping dan masih tetap nyaman untuk dibawa bepergian.

Lanjut ke sektor layarnya, Oppo membekali ponselnya dengan panel LCD seluas 6,51 inci. Gambar pada layar sudah mendukung resolusi HD+.

Di dalamnya juga tersedia mode refresh yang mencapai 60 Hz serta touch sampling dengan konfigurasi hingga 120 Hz. Ini bukan hanya akan memberikan pengalaman sensorik yang mulus, tetapi juga visual yang memuaskan mata.

Pada sisi kameranya, ponsel ini datang dengan lensa utama yang berkekuatan 13 MP lengkap dengan fitur autofokus. Lalu ada juga lensa makro dan bokeh yang memiliki kekuatan 2 MP. Lanjut pada bagian depannya, terdapat resousi 13 MP yang siap mengambil gambar selfie ataupun menunjang kebutuhan vlogging.

Sedangkan untuk fungsi perekaman videonya, Oppo memberikan produk HP fingerprint di samping ini dengan kemampuan perekaman dengan resolusi hingga 1080p dengan kecepatan 30 fps menggunakan kamera depan ataupun belakang.

Perihal bagian mesinnya, Oppo memberikan chipset MT6765V Helio P35 yang didesain dengan fabrikasi 12 nm. Kekuatan prosesornya sendiri hingga 2,3 GHz dan grafisnya ditunjang dengan GPU IMG GE8320 supaya bisa tampil lebih maksimal.

Agar lebih optimal lagi, Oppo A54 memiliki kapasitas memori yang cukup memadai. Ada RAM dengan kekuatan 4 GB dan 6 GB yang dipadukan dengan memori internal 64 GB dan 128 GB untuk menyimpan banyak file dari berbagai format. Apabila masih kurang, kamu bisa menambahkan slot microSD di dalamnya untuk memperluas ruang penyimpanan.

Sama seperti sebelumnya, HP fingerprint di samping ini memiliki baterai berkapasitas jumbo yakin 5000 mAh. Kapasitas ini pun bisa membuat ponsel bertahan lama meskipun dipakai seharian. Selain itu, smartphone seri A ini sudah mendapatkan dukungan fitur pengisian cepat dengan daya 18W agar pengecasan menjadi lebih cepat.

Rekomendasi:  Download Latest Planetlagu Stafaband Free Songs 123 MP3

Sebagai tambahann, Oppo A54 sudah dilengkapi dengan rating IPX4 yang tahan air. Sementara untuk warnanya, ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu Crystal Black dan Starry Black. Untuk harganya, ponsel tersebut kini datang mulai dari Rp1,5 jutaan saja.

Tabel Spesifikasi

Dimensi 163.6 x 75.7 x 8.4 mm
Bobot 192 gram
IPX4 tahan air
Layar IPS LCD 6,51 inci beresolusi HD+
refresh rate hingga 60 Hz
touch sampling hingga 120 Hz
Chipset MT6765V Helio P35 kecepatan hingga 2.3 GHz
GPU IMG GE8320
Memori RAM 4 GB dan 6 GB
Storage 64 GB dan 128 GB
Mendukung microSD
Kamera depan 16 MP
Kamera belakang 13 MP (utama), 2 MP (bokeh), 2 MP (makro)
Baterai 5000 mAh, Fast charging 10W
Sistem Operasi Android 10, ColorOS 7.2
Warna Crystal Black dan Starry Black
Harga Rp 1,5 jutaan

Realme C55 NFC

Realme C55 NFC juga masuk sebagai HP fingerprint di samping yang dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang mencari ponsel baru. Perangkat ini rilis pada Maret 2023 dengan spesifikasi yang tidak kalah saing dari rivalnya.

Bodinya ringkas dan ringan, sehingga membuatnya nyaman untuk digunakan sehari-hari. Eksteriornya juga memiliki tampilan yang elegan serta kekinian. Jadi tidak akan ketinggalan zaman.

Sedangkan untuk layarnya, HP Realme C55 NFC masih setia dengan panel IPS seluas 6,75 inci. Resolusinya sudah FHD+ yang membuatnya akan terasa nyaman untuk digunakan streaming video. Lalu ada pula mode refresh hingga 90 Hz yang akan memberikan pengalaman sensor cukup menyenangkan saat dipakai scrolling serta bermain game.

Lanjut ke bagian kamera, HP fingerprint di samping ini membawa dua kamera pada sisi belakangnya. Terdapat lensa utama berkekuatan 64 MP yang dipasangkan dengan kamera mono berkekuatan 2 MP. Pada sisi depannya tersedia kamera dengan kekuatan 8 MP untuk mengambil foto selfie dan menunjang kegiatan vlogging.

Beralih ke sektor dapur pacu, Realme C55 NFC memiliki chipset MediaTek Helio G88 dengan manufaktur 12 nm yang mengisi bagian mesinnya. Sementara untuk memaksimalkan sisi grafis, Oppo memberikan GPU Mali G52 MC2 yang andal. Pada sisi software, HP fingerprint di samping murah ini datang dengan Android 11.

Realma seri C ini memiliki kapasitas yang cukup besar dalam menyimpan gambar. Tersedia RAM 6 GB atau 8 GB yang dapat dipadukan dengan memori internal sebesar 128 GB atau 256 GB. Opsi tersebut dapat dipilih sesuai dengan selera.

Jika masih kurang, penyimpanan internalnya dapat diperbesar menggunakan microSD yang memiliki kapasitas hingga 1TB. Ini akan memberikan banyak banyak ruang untukmu dalam menyimpan banyak data.

Terkait dengan baterai, smartphone tersebut mendapatkan kapasitas daya hingga 5000 mAh untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Di dalam ponsel ini juga sudah terdapat dukungan fast charging dengan daya 33W.

Teknologi ini dapat mempersingkat waktu pengecasan daya ulang. Diketahui untuk mengisi daya penuh, Realme C55 NFC membutuhkan waktu 1 jam 13 menit.

Menariknya smartphone tersebut punya fitur mini capsule yang mirip dengan fitur dynamic island pada iPhone 13. Animasi ini akan muncul ketika perangkat sedang melakukan pengecasan ulang daya, mendapatkan notifikasi baterai yang melemah, hingga diperingatkan mengenai pengunaan data harian.

Ponsel ini hadir dalam dua pilihan warna. Ada Sunshower dan Rainy Night. Sementara untuk harganya, perangkat Realme seri C datang dengan harga mulai dari Rp2,5 jutaan.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 7,89 mm, bobot 189,5 gram
Layar IPS LCD 6,72 inciResolusi Full HD Plus
Refresh rate 90 Hz
Touch sampling 180 Hz
Hardware dan software MediaTek Helio G88
CPU Octa Core
GPU Mali G52
Memori RAM 6 GB/8 GBStorage 128 GB/256 GB
RAM virtual hingga 16 GB
MicroSD hingga 1 TB
Kamera Depan 8 MP
Kamera Belakang 64 MP (utama), 2 MP (B&W)
Baterai 5000mAh, fast charging 33W
Fitur Mini capsule, NFC, Ultraboom speaker, dan lainnya
Warna Sunshower dan Rainy Night
Harga Mulai dari Rp2,5 jutaan

Infinix Zero 5G 2023

Infinix juga tidak mau kalah dengan brand lain. Brand tersebut memiliki HP fingerprint di samping. Salah satunya adalah seri Zero 5G 2023. Bodinya yang ramping dan ringan akan membuatnya nyaman dipakai seharian.

Selanjutnya, Infinix merancang ponsel ini dengan layar IPS LCD seluas 6,78 inci. Resolusi gambarnya juga sudah FHD+ dengan rasio layar ke bodi sekitar 88,1 persen. Dengan begitu, pengalaman streaming akan terasa memuaskan.

Apalagi ponsel tersebut memiliki kecerahan minimal 500 nits. Di samping itu, HP fingerprint di samping ini juga mendapatkan mode refresh hingga 120 Hz yang bisa membuat layar terasa mulus.

Untuk bagian fotografinya, INfinix Zero 5G 2023 punya tiga unit kamera pada bagian belakangnya. Lensa utama datang dengan kekuatan 50 MP. Sementara untuk kamera pendampingnya, ada lensa makro dan kedalaman yang kompak memiliki kekuatan 2 MP.

Selanjutnya pada sisi depannya, terpasang kamera depan yang berkekuatan 16 MP untuk mengambil gambar selfie. Di dalamnya kamera tersebut sudah tersedia berbagai mode fotografi.

Perihal fungsi perekaman video, Infinix membawa resolusi rekaman hingga 4K yang berkecepatan 30 fps bila menggunakan kamera belakang. Namun jika menggunakan kamera depan, maka resolusinya hanya 1080p pada kecepatan 30 fps.

Soal mesin, HP fingerprint di samping murah ini mendapatkan chipset MediaTek Dimensity 920 5G yang terkenal andal dan tahan lama. Chipsetnya dirancang dengan fabrikasi 6nm agar daya menjadi lebih efisien.

Lalu, prosesornya sendiri memiliki kecepatan hingga 2,5 GHz. Sementara pada bagian grafis, terdapat GPU ARM Mali G68 yang siap memberikan kinerja terbaiknya.

Terkait dengan memori, Infinix memberikan kapasitas yang besar, yakni 8 GB bahkan bisa diperbesar lagi hingga 5 GB. Lalu untuk storage-nya, seri Zero 5G ini memiliki kapasitas hingga 256 GB. Jika masih kurang, maka tersedia slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan.

Perihal baterainya, HP fingerprint di samping murah ini memiliki kapasitas daya hingga 5000 mAh. Kapasitas tersebut akan membuat ponsel ini nyaman dipakai seharian.

Selanjutnya, ada pula dukungan teknologi fast charging 33W yang bisa memangkas waktu pengisian ulang daya. Diketahui, ponsel bisa mengisi daya hingga 50 persen dengan waktu 30 menit.

Tabel Spesifikasi

Dimensi 168.73×76.53×8,9 mm
berat berkisar 201 gram
Layar IPS LCD berukuran 6,78 inci FHD Plus
rasio ke bodi 88,1 persen
kecerahan hingga 500 nits
refresh rate hingga 120 Hz
touch sample 240 H
Chipset MediaTek Dimensity 920 5G (6nm)
CPU kecepatan hingga 2.5 GHz
GPU ARM Mali G68
Memori RAM 8GB + 5GB
Internal 256 GB
MicroSD 256 GB
Kamera Depan 16 MP
Kamera Belakang 50 MP (utama), 2 MP (makro), 2 MP (depth)
Baterai 5000 mAh, Fast charging 33W
Fitur WiFi, Bluetooth, fingerprint, 5G, dan lainnya
Warna Pearl white, coral orange, dan submariner black
Harga Rp3,5 jutaan

Samsung Galaxy A53

Selanjutnya pilihan dari HP fingerprint di samping termurah adalah Samsung Galaxy A53. Smartphone tersebut memiliki panel Amoled dengan desain Infinity O seluas 6,5 inci.

Rekomendasi:  Download the Skyline Emulator application for Android

Layarnya mendapatkan dukungan gambar beresolusi tinggi hingga resolusi FHD+. Ada pula mode refresh rate mencapai 120 Hz untuk menghasilkan transisi gambar yang mulus dan halus terutama ketika dipakai multitasking dan bermain game.

HP fingerprint di samping ini menghadirkan layar yang sudah bersertifikasi Widevinde L1 untuk menunjang kegiatan streaming menjadi lebih memuaskan. Alhasil, pengalaman multimedia bisa menjadi lebih nyaman ketika menggunakan ponsel Samsung yang satu ini. Terlebih di dalamnya juga sudah terpasang speaker stereo.

Selanjutnya, Samsung A53 memiliki kamera yang mirip dengan seri Galaxy A52s. Bahkan ponsel ini disebut mampu menghasilkan jepretan yang lebih baik karena adanya dukungan AI yang membuat hasilnya lebih detail serta warnanya akurat.

Konfigurasi dari kameranya sendiri datang dengan empat unit lensa belakang. Ada lensa utama dengan kekuatan 64 MP, yang diikuti dengan lensa ultrawide 12 MP, serta ada pula kamera makro dan depth yang kompak menggunakan resolusi 5 MP.

Di dalam kamera utamanya sudah terdapat fitur Sony IMX682 serta OIS. Sedangkan untuk bagian depannya, Samsung memberikan kamera selfie yang memiliki kekuatan 32 MP yang mendapatkan dukungan berupa sensor Sony IMX616.

Perihal videografinya, HP fingerprint di samping termurah ini bisa merekam gambar dengan resolusi 4K dengan kecepatan 30 fps. Menariknya, ponsel Samsung A53 mampu berpindah kamera ketiak sedang aktif merekam. Padahal biasanya, fitur tersebut lebih banyak ditemukan pada ponsel kelas atas.

Untuk masalah mesinnya, Samsung Galaxy A53 ini punya chipset Exynos 1280. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja cukup konsisten. Bahkan hasil kerjanya lebih baik dari pendahulunya, Galaxy A52 4G khususnya pada kemampuan di multicore ataupun GPU.

Perihal konsistensi yang dihadirkan oleh Samsung, ponsel ini masih meunjukkan suhu yang adem meskipun sudah dipakai selama seharian. Ketika dipakai bermain game pun masih terasa nyaman dan lancar. Bahkan kinerjanya juga begitu cepat dalam hal kegiatan multitasking.

Diketahui, Galaxy A53 ini mendapatkan upgrade sistem operasi dalam waktu yang panjang bahkan hingga Android 16. Sistem keamanannya juga akan terus diperbarui oleh sistem secara berkala hingga 2027 mendatang.

Dengan adanya jaminan tersebut, Hp fingerprint di samping ini tercatat sebagai ponsel yang memiliki jaminan perbaruan software terpanjang. Ini juga akan memungkinkan ponsel dapat dipakai dalam waktu yang panjang.

Samsung memberikan baterai berdaya hingga 5000 mAh. Diketahui seri sebelumnya hanya membawa daya 4500 mAh.

Kapasitasnya yang besar tersebut bisa memberikan peningkatan daya tahan baterai sehingga bisa lebih awet ketika dipakai. Selain itu, tedapat pula dukungan fitur fast charging dengan daya 25W, sehingga mengisi ulang daya menjadi lebih cepat.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 8,1 mmBobot 189 g
Layar Super Amoled 6,5 inci FHD+
Refresh rate 120 Hz, Gorilla Glass 5.
Chipset Samsung Exynos 1280 (5nm, 8 core)
Memori RAM 6GB/8GB
Memori internal 128/256GB
Kamera depan 32MP
Kamera belakang 64MP (utama)12 MP (ultrawide)5MP (makro)5MP (depth)
Baterai 5000mAh, Fast charging 25W
Sistem operasi Android 12, OneUI 4.1
SIM Dual SIM shybrid
Fitur lain Fingerprint, 5G, speaker Dolby Atmos Bluetooth, IP67
Warna Peach, Blue, Black, White
Harga Mulai dari Rp3,7 jutaan

Nokia G20

Nokia juga punya HP fingerprint di samping. Salah satunya adalah Nokia G20. Tampil dengan desain yang elegan dan kekinian, seri G dari Nokia ini tidak memiliki banyak ornamen untuk menghiasi punggung ponsel. Smartphone ini justru hadir dengan kesan yang simple. Ada dua warna yang bisa dipilih, yakni Glacier dan Night.

Pada bagian layar, smartphone ini setia dengan panel IPS LCD dengan luas 6,5 inci. Gambarnya sudah mendukung resolusi HD+, masih cukup nyaman untuk digunakan dalam streaming video.

Perihal bagian fotografinya, Nokia G20 mengandalkan lensa utama dengan kekuatan 48 MP. Selanjutnya, ponsel ini juga sudah memiliki kamera ultrawide dengan kekuatan 5 MP.

Kamera makro dan depth yang terpasang di dalam ponsel tersebut kompak beresolusi 2 MP. Selain kamera, ada pula dukungan dari lampu kilat LED yang bisa membuat gambar tampil lebih solid.

Selanjutnya pada sisi depan, ada kamera selfie yang memiliki kekuatan 8 MP untuk bisa mendukung kegiatan vlogging. Terkait dengan fitur perekaman, Nokia menyediakan resolusi FHD 1080p pada kecepatan 30 fps. Dengan begitu, kamu bisa mengambil video dengan tampilan yang baik dan cocok dipamerkan ke media sosial.

Dari segi performa, Nokia G20 bisa mengandalkan prosesor MediaTek Helio G35. Chipsetnya bisa membantu kinerja dari para pembeli.

Di dalam chipset tersebut terdapat fitur HyperEngine yang bisa membuat performa cukup baik, meski masih kalah dari ponsel lain. Sebab ponsel ini digunakan dalam hal multitasking dengan hasil yang tidak optimal.

Soal memorinya, Nokia G20 ini Dari segi performa, Nokia G20 bisa mengandalkan prosesor MediaTek Helio G35. Chipsetnya bisa membantu kinerja dari para pembeli.

Di dalam chipset tersebut terdapat fitur HyperEngine yang bisa membuat performa cukup baik, meski masih kalah dari ponsel lain. Sebab ponsel ini digunakan dalam hal multitasking dengan hasil yang tidak optimal.

Soal memorinya, Nokia G20 ini memiliki kapasitas RAM 4 GB yang dapat dipadukan dengan storage seluas 64 GB. Walaupun begitu, ponsel ini mampu menyimpan banyak data.

Bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang lama merupakan impian banyak pengguna. Tapi kamua tidak perlu khawatir dengan ponsel ini. Karena Nokia sebagai produsen menjamin pembaruan perangkat lunak hingga dua tahun.

Selain itu, pembaruan fitur keamanan bertahan hingga tiga tahun penuh. Cukup menarik, bukan? Nokia G20 memiliki kapasitas baterai yang begitu besar yaitu 5050 mAh. Perangkat dapat bertahan hingga tiga hari dalam mode siaga. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi pengguna, terutama ang tidak terburu-buru mengisi daya ponselnya.

Selain itu, ponsel besutan Nokia ini mendukung teknologi baterai adaptif, sehingga mengurangi konsumsi daya dan efisien. Secara keseluruhan, daya tahan baterai ponsel ini masih tergolong baik.

Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, sayangnya Nokia tidak membekalinya dengan teknologi fast charging seperti kompetitornya. Seri G20 hanya mengandalkan daya charging-nya yang berkapasitas 10W. Tentunya dengan tenaga sebesar itu, butuh waktu lama untuk mengisi daya ponsel hingga penuh.

Rekomendasi:  Goki Galpay Bingol Fake Data, Safe and Reliable or Not?

Meski HP Nokia G20 murah, namun sudah memiliki kemampuan NFC. Fitur ini banyak digunakan untuk melakukan berbagai transaksi digital, termasuk transfer data berkecepatan tinggi.

Ini tentu saja manfaat selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Seri G Nokia menawarkan keunggulan dalam hal sensor yang lengkap.

Pasalnya, Nokia G20 hadir dengan sensor sidik jari di bagian samping perangkat. Ada juga sensor gyro untuk pengalaman bermain game yang seru, sensor proximity untuk menjaga performa layar dan accelerometer untuk mengatur keamanan.  

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 9,2 mm, Bobot 197 g
Layar IPS LCD 6,5 inci resolusi HD+
Chipset MediaTek Helio G35
Memori RAM 4GB
Memori internal 64GB
Kamera depan 8MP
Kamera belakang 48MP (utama), 5MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (depth)
Baterai 5050mAh
Sistem operasi Android 11
SIM Dual Nano SIM
Fitur lain NFC, fingerprint, accelerometer, gyro proximity
Warna Glacier, Night
Harga Mulai dari Rp2,5 jutaan

Vivo Y16

HP fingerprint di samping selanjutnya adalah Vivo Y16. Ponsel ini punya ketebalan 8,2 mm dan bobotnya seberat 184 gram. Dimensinya tersebut membuat ponsel ini terasa ringan dalam genggaman. Terlebih, eksteriornya juga tampil menarik dengan efek mengilap tetapi tetap matte ketika disentuh.

Sementara masalah layar, HP Vivo seri Y ini mendapatkan panel IPS LCD dengan luas 6,51 inci. Layar sudah mendapatkan dukungan gambar beresolusi hingga HD+. Dengan begitu, kamu bisa menonton video dengan nyaman.

Selanjutnya untuk urusan kamera, Vivo memberikan seri Y16 kamera dengan konsep dual camera yang dipasang di bagian belakang. Resolusinya berbeda dan telah disesuikan dengan kebutuhannya.

Kamera utamanya memiliki kekuatan 13 MP. Lalu kamera pendampingnya berkekuatan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, Vivo Y16 ini menyediakan kekuatan 5 MP untuk mengambil foto selfie dan mendukung kegiatan vlogging.

Masuk ke sektor mesinnya, HP fingerprint di samping termurah ini memperoleh tenaga dari chipset MediaTek Helio P34. Chipset tersebut berkolaborasi dengan GPU PowerVR GE8320 demi memaksimalkan performa khususnya di bagian grafis.

Penyimpanan memori sangat berperan penting dalam menyimpan banyak data di ponsel. Oleh karena itu banyak orang yang berlomba untuk menghadirkan kapasitas memori yang besar.

Pada ponsel Vivo Y16 tersedia RAM 3 GB. Tetapi, internal storage-nya sebesar 32 GB atau 64 GB yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Menariknya lagi, RAM masih bisa diperbesar lagi hingga 3 GB. Jadi total RAM smartphone ini mencapai 6 GB.

Untuk baterainya, HP fingerprint di samping ini memiliki kapasitas daya maksimal 5000 mAh. Perangkat ini bisa bertahan lama jika dipakai seharian. Selain itu, ada pula pengisian cepat dengan daya 10W melalui kabel USB tipe C.

Smartphone ini punya dua warna yang bisa dipilih, Dizzling Gold dan Stellah Black. Sebagai fungsi tambahan, ponsel ini memiliki sertifikasi IPX5 yang tahan air dan debu. Lalu perihal harganya, Vivo Y16 masih dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp1,8 jutaan saja.

Tabel Spesifikasi

Dimensi 163.95 x 75.55 x 8,19 mm
Bobot berat 184 gram
Layar 6.51 inci panel IPS LCD
Chipset MediaTek Helio P35
Memori RAM 3GB
Memori penyimpanan 32/64GB
SIM Dual SIM
Kamera belakang 13MP dan 2MP
Kamera depan 5MP
Baterai 5000mAh
Fitur Fingerprint, sertifikat IPX3, Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode, serta coolIng system
Warna Stellar Black dan Drizzling Gold
Harga Mulai dari Rp1,8 jutaan

Vivo Y20

Vivo Y20 jug atermasuk sebagai salah satu pilihan dari HP fingerprint di samping termurah. Memiliki dimensi ketebalan 8,4 mm dengan bobot seberat 192,3 gram, ukuran bodi tersebut masih tetap nyaman untuk dipakai selama seharian.

Pada bagian layarnya, Vivo memberikan panel IPS LCD dengan luas 6,51 ke seri Y20. Resolusi gambarnya juga sudah HD+. Ditambah, terdapat pula fitur Eye Protection dalam mengurangi cahaya biru yang bisa membahayakan mata.

Terkait dengan kamera, HP fingerprint di samping termurah ini membawa tiga unit kamera pada bagian punggungnya. Kekuatan dari lensa utama adalah 13 MP, kemudian diikuti dengan lensa makro dan depth yang kompak berkekuatan 2 MP.

Sementara di bagian depannya ada lensa selfie berkekuatan 8 MP. Kamera tersebut hadir untuk memberikan hasil jepretan yang berkualitas.

Di bagian mesin, Vivo memberikan seri Y20 chipset Snapdragon 460 pabrikan Qualcomm. Prosesornya memiliki kecepatan hingga 1,8 GHz. Tidak hanya itu, Vivo juga membekali ponsel ini dengan GPU Adreno 610 untuk memaksimalkan kinerja.

Lalu pada bagian memorinya, Vivo Y20 ini datang dengan kapasitas yang cukup memadai. RAM yang tersedia sekitar 3 GB yang dipadukan dengan storage atau memori internal sebesar 64 GB. Kapasitas tersebut membuat ponsel masih cukup untuk menyimpan banyak file di dalam ponsel.

Terkait dengan baterai, HP fingerprint yang satu ini mendapatkan tenaga dari baterai berkapasitas maksimal 5000 mAh. Kapasitas ini membuat ponsel bisa dipakai seharian.

Ditambah ada pula fitur pengisian cepat dengan daya 18W. Dengan begitu, ponsel ini bisa mengisi ulang daya menjadi lebih cepat. Diketahui, daya sebanyak 70 persen bisa didapatkan dalam waktu 69 menit, sedangkan 100 persen diperoleh dalam waktu 1 jam.

Di dalamnya juga terdapat fitur reverse charging yang memungkinkan ponsel mentrasfer daya baterai ke perangkat lain layaknya powerbank. Perangkat ini dijual dengan harga yang cukup murah, yakni mulai Rp1,7 jutaan.

Tabel Spesifikasi

Bodi Ketebalan 8.4 mm
Berat 192.3 gram
Layar IPS LCD resolusi HD+ 6.5 inci
Performa Snapdragon 460
CPU Octa-core kecepatan hingga 1,8 GHz
GPU Adreno 610
Sistem operasi Android 10
Memori RAM 3GB/4G/6GB
Penyimpanan internal 64GB
Kamera Wide 13 MP, PDAF
Makro 2 MP
Lensa depth 2 MP
Selfie camera 8 MP
Video 1080p@30fps
Baterai Li-Po 5000mAh
tidak dapat dilepas
charger USB tipe C
didukung fast charging 18W
Warna Nebula Blue, Dawn White
Harga Rp 1,7 juta

Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G termasuk sebagai salah satu HP fingerprint di samping. Dengan membawa spesifikasi yang andal, tak heran jika ponsel ini banyak peminatnya.

Bodi ponsel ini memiliki tampilan eksterior yang simple, mirip dengan seri Galaxy A23 4G, A52, juga A72. Sementara untuk ukurannya, bodi ponsel tersebut punya ketebalan 8,4 mm dengan bobot seberat 197 gram yang masih akan tetap nyaman dipakai seharian.

Di sisi layar, Samsung membekali HP fingerprint di samping bodi ini dengan panel PLS LCD. Luasnya 6,7 inci yang sudah beresolusi FHD+. Ini akan menghasilkan gambar yang nyaman jika dipakai untuk streaming atau bermain game.

Selain itu, terdapat pula mode refresh rate hingga 120 Hz serta touch sampling 240 Hz untuk membuat layar menjadi lebih mulus serta responsif. Alhasil, bermain game atau melakukan multitasking akan menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Supaya aman, Samsung memberikan anti gores berupa Corning Gorilla Glass 5 yang tahan terhadap goresan dan retakan. Jadi kamu tidak perlu takut lagi untuk menggunakan ponsel ini, meski harus tetap berhati-hati.

Perihal kameranya, HP Samsung seri A ini mendapatkan empat buah lensa yang terpasang di belakang. Kekuatan dari kamera utama pada Galaxy A23 sebesar 50 MP, lengkap dengan fitur autofokus seperti PDAF dan fitur stabilisasi OS agar gambar yang sedang diambil tidak mudah goyang.

Di samping itu, kamera pendampingnya terdiri dari lensa ultrawide 5 MP, kamera makro dan depth yang kompak datang dengan resolusi 2 MP. Beralih ke bagian depan, ada lensa selfie dengan kekuatan 8 MP, yang dapat diandalkan dalam mengambil foto selfie.

Untuk bagian perekaman, Samsung Galaxy A23 5G dapat digunakan untuk merekam gambar 1080p pada kecepatan 30 fps. Jadi hasil rekamanannya masih akan cukup jelas.

Mesinnya menggunakan Snapdragon 695yang sudah mendapatkan dukungan jaringan 5G. Chipset tersebut bekerja sama dengan GPU Adreno 9 dalam memaksimalkan bagian grafis.

Untuk memori, perangkat ini memiliki kapasitas yang beragam. Tersedia RAM 4 GB, 6 GB, juga 8 GB. Tetapi, memori internalnya hanya ada satu pilihan, yakni 128 GB. Meski begitu, smartphone ini cukup memadai untuk menyimpan banyak data.

Seri S23 5G memiliki baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Di dalamnya juga terdapat fitur fast charging dengan daya 25W untuk memangkas waktku pengisian ulang daya. Diketahui, HP fingerprint di samping bodi ponsel ini bisa mengisi penuh dalam waktu 1 jam 20 menit.

Smartphone ini memiliki empat pilihan warna, yaitu hitam, biru muda, silver, serta oranye. Sementara untuk harganya, ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,4 jutaan.

Tabel Spesifikasi

Dimensi Ketebalan 8,3 mm
Bobot 197 g
Layar IPS LCD 6,6 inci resolusi FHD+
Refresh rate 120Hz
Chipset Snapdragon 695
Memori RAM 4GB/6GB/8GB
Memori internal 128GB
Kamera depan 8MP
Kamera belakang 50MP (utama), 5MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (depth)
Baterai 5000mAh
Sistem operasi Android 12
SIM Dual Nano SIM
Fitur lain Gorilla Glass 5, fingerprint, dan lainnya
Warna Black, light blue, silver, dan orange
Harga Rp3,4 jutaan

Oppo A17

Oppo A17 memiliki ketebalan bodi sekitar 8,3 mm dengan bobot seberat 189 gram. Ukuran ini pun akan membuat smartphone tersebut nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama/

Spesifikasi layarnya datang dengan panel LCD 6,56 inci yang beresolusi HD+. Terdapat pula mode fotografi i60 Hz yang bisa memberikan pengalaman sensorik yang cukup menyenangkan. Supaya bisa melindungi layar ponsel dengan baik, HP ini dilapisi dengan kaca anti gores Panda.

Untuk bagian fotografinya, HP fingerprint di samping bodi ini memiliki kamera utama dengan kekuatan 50 MP dilengkapi dengan fitur autofokus. Lalu ada sensor depth yang berkekuatan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, ada lensa selfie 5 MP tetapi tanpa adanya fitur OIS serta autofokus.

Oppo juga menambahkan berbagai mode fotografi pada seri ini supaya bisa lebih menunjang kebutuhan fotografi. Sedangkan perihal perekaman videonya, seri A17 ini sanggup merekam video dengan resolusi 1080p dengan kecepatan 30fps. Menggunakan kamera depan atau belakang.

Terkait dengan mesin, Oppo memberikan CPU MediaTek Helio P35 untuk menjalankan kinerja. Prosesornya berkekuatan 2,3 GHz yang bekerja sama dengan GPU IMG GE8320 di bagian grafis.

Di bagian memori, HP ini datang dengan ruang penyimpanan yang cukup memadai, yakni RAM 4 GB serta memori internal 64 GB. Apabila masih kurang, penyimpanan internal itu bisa diperluas lagi dengan microSD yang memiliki kapasitas hingga 1 TB.

Soal baterainya, HP ini mendapatkan kapasitas daya maksimal 5000 mAh. Dengan daya tersebut, smartphone ini bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sayangnya, HP ini belum didukung dengan fast charging, meski konektor pengecasannya sudah menggunakan USB bertipe C.

Sebagai tambahan, Oppo juga memiliki IPX4 yang tahan terhadap air. Lalu soal warna, ada opsi berupa Midnight Black dan Lake Blu. Sedangkan soal harga, smartphone ini dijual mulai dari Rp2 jutaan.

Tabel Spesifikasi

Dimensi 164.2 x 75.6 x 8.3 mm, berat 189 gram
IPX4 tahan air
Layar 6,56 inci IPS LCD
Chipset MediaTek Helio G35 (12nm)
CPU Octacore kecepatan 2.3 GHz
GPU IMG GE8320
Memori 4 GB/64 GB
Kamera depan 5 MP
Kamera belakang 50 MP (utama), 2 MP (depth)
Baterai 5000 mAh
Sistem Operasi Android 12, ColorOS 12.1
Warna Midnight Black, Lake Blue
Harga Rp 2 jutaan

Akhir Kata

HP fingerprint di samping bodi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari ponsel baru yang praktis soal keamanan. Apalagi sensornya sudah menyatu dengan tombol power.

Selain itu, ponsel tersebut juga memiliki spesifikasi yang menarik. Menariknya, kamu bisa memilih deretan smartphone itu sesuai dengan selera karena pilihannya datang dari berbagai merek ponsel. Jadi sudah tahu ingin memiliki ponsel yang mana? Semoga bisa membantu dan selamat memilih!

Share to...